Senin, 05 Maret 2012

Peran Tenaga Kesehatan Ngudia Husada Madura


Peran Tenaga Kesehatan

Berkembang pesatnya masalah pendidikan di Indonesia, membuat saya ingin sekali mengulas sedikit tentang perkembangan di bidang pendidikan dan kesehatan. Bagi saya, tenaga kesehatan sekarang ini pun amat berperan sebagai tenaga pendidik di lingkungan masyarakat, yang mana Tenaga Kesehatan (bidan dan perawat) merupakan salah satu profesi yang memerlukan pengembangan diri secara terus menerus,
contohnya di institusi  ngudia husada ini,
Guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, betapapun canggihnya fasilitas yang dimiliki pihak institusi, atau berkualitasnya para tenaga dosen, akan tetapi jika mahasiswanya sendiri kurang serius dan tidak memiliki motivasi belajar yang  tinggi, bagaimana kita mampu menghasilkan lulusan yang handal serta mampu bersaing dengan perawat/bidan dari negara lain? 
Makanya tidak heran, di lapangan, kita sering menjumpai perawat/bidan yang dinas sambil belanja. Dinas tapi pekerjaan di luar lebih diutamakan. 
Dinas tapi korupsi besar. Dan yang tidak kalah parahnya, banyaknya tenaga terampil  di lingkungan masyarakat tapi tidak diikuti oleh kenaikan kualitas pelayanan  yang significant
Salah satu bukti yang saya ketahui pada saat ini berasal dari cerita  teman saya yang di rawat  di sebuah RS , Betapa dia tidak mengeluh melihat perawat asyik nonton televisi sementara pasien dan keluarganya tidak tahu status perkembangannya. Salah memasukkan obat, Kamar pasien yang tak terawat. Banyak  perokok lalu lalang di ruangan, dibiarkan. 
Sampai tega saya bertanya kepada perawatnya: Anda lulusan mana? Si Perawat  menjawab Di... ( salah satu  Kota besar)
Belum lagi di pelosok-pelosok di mana masyarakat tidak atau kurang
kritis menuntut hak-hak konsumen.
Nah, Disamping masih minimnya tenaga-tenaga kesehatan serta masih rendahnya kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. 
Ngudia husada Madura didirikan dengan pertimbangan bahwa kesadaran akan pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan bangsa yang sangat mendesak untuk mendapatkan perhatian khusus.
Diawal berdirinya sampai sekarang Yayasan Ngudia Husada Madura  sudah memiliki beberapa institusi pendidikan kesehatan antara lain : 
A.  Akademi Kebidanan ( AKBID) Ngudia Husada Madura 
B. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ngudia Husada Madura 
Dalam bidang pelayanan kesehatan Yayasan Ngudia Husada Madura membuka klinik kesehatan bagi masyarakat umum, dimana dalam perkembangannya Yayasan Ngudia Husada Madura berkeinginan memiliki Rumah Sakit sendiri di samping sebagai sarana pelayanan kesehatan juga sebagai lahan praktik mandiri bagi mahasiswa. dengan tujuan guna meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Semoga bermanfaat ..
                                                                                   
                                                         

2 komentar: